Cara Melihat Video Trending Di Youtube

cara melihat video trending di youtube terbaru

Cara Menemukan Video Trending di YouTube

Menemukan video trending di YouTube sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengakses dan menavigasi halaman Trending:

Mengakses Halaman Trending

  • Buka situs web YouTube atau aplikasi seluler.
  • Di bilah menu atas, klik tab “Trending”.

Menavigasi Kategori Video Trending

Halaman Trending menampilkan berbagai kategori video, seperti Musik, Game, Berita, dan Olahraga. Untuk menavigasi kategori ini:

  • Klik tab kategori yang diinginkan di bilah menu atas.
  • Jelajahi daftar video trending dalam kategori tersebut.

Memfilter Video

Anda dapat memfilter video trending berdasarkan lokasi, bahasa, dan waktu:

  • Lokasi: Klik menu tarik-turun “Lokasi” di bilah menu atas dan pilih lokasi Anda.
  • Bahasa: Klik menu tarik-turun “Bahasa” di bilah menu atas dan pilih bahasa yang diinginkan.
  • Waktu: Klik menu tarik-turun “Waktu” di bilah menu atas dan pilih rentang waktu yang diinginkan, seperti “Hari Ini” atau “Minggu Ini”.

Faktor yang Mempengaruhi Video Trending

Popularitas video YouTube dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut beberapa faktor penting yang berkontribusi pada tren video:

Jumlah Penayangan

Jumlah penayangan menunjukkan seberapa sering video telah ditonton. Semakin banyak penayangan, semakin besar kemungkinan video menjadi trending. Penayangan yang tinggi menunjukkan minat yang besar dari penonton dan berkontribusi pada visibilitas video.

Waktu Tonton

Waktu tonton mengukur berapa lama penonton menghabiskan waktu menonton video. Waktu tonton yang tinggi menunjukkan bahwa video menarik dan dapat mempertahankan perhatian penonton. Algoritme YouTube mempertimbangkan waktu tonton saat menentukan tren video, karena menunjukkan keterlibatan penonton yang lebih dalam.

Keterlibatan

Keterlibatan mencakup tindakan seperti suka, komentar, dan berbagi. Video dengan tingkat keterlibatan tinggi menunjukkan bahwa penonton berinteraksi dengan konten dan menemukannya berharga. Algoritme YouTube memprioritaskan video dengan keterlibatan tinggi, karena hal ini menunjukkan konten yang beresonansi dengan penonton.

Faktor Sosial

Faktor sosial mencakup berbagi di media sosial, rekomendasi dari influencer, dan diskusi di forum online. Ketika video dibagikan secara luas dan dibicarakan di platform lain, hal ini meningkatkan popularitas dan visibilitasnya. Faktor sosial membantu menyebarkan konten dan menarik penonton baru.

Kombinasi faktor-faktor ini bekerja sama untuk menentukan video mana yang menjadi trending di YouTube. Video yang menggabungkan jumlah penayangan yang tinggi, waktu tonton, keterlibatan, dan faktor sosial memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan daya tarik dan menjadi populer di kalangan penonton.

Cara Memanfaatkan Video Trending

cara melihat video trending di youtube terbaru

Video trending di YouTube menawarkan wawasan berharga yang dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan strategi pemasaran dan konten Anda. Dengan mengidentifikasi tren yang relevan dan menyesuaikan konten Anda sesuai dengan itu, Anda dapat meningkatkan jangkauan, keterlibatan, dan dampak keseluruhan Anda.

Riset Pemasaran

Video trending menyediakan data real-time tentang topik dan tren yang menarik minat audiens Anda. Dengan menganalisis video ini, Anda dapat mengidentifikasi topik yang banyak dibicarakan, tren yang sedang berkembang, dan masalah umum yang dihadapi pelanggan potensial Anda. Wawasan ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan konten yang memenuhi kebutuhan dan minat spesifik audiens Anda.

Strategi Konten

Menyesuaikan konten Anda dengan video trending memungkinkan Anda untuk memanfaatkan topik dan tren yang sudah populer. Dengan membuat konten yang relevan dengan tren saat ini, Anda dapat meningkatkan visibilitas Anda di platform YouTube dan menarik audiens yang lebih luas. Selain itu, Anda dapat menggunakan video trending sebagai inspirasi untuk ide konten baru, memastikan bahwa konten Anda tetap relevan dan menarik bagi audiens Anda.

Jangkauan dan Keterlibatan

Video trending memiliki potensi jangkauan yang luas dan dapat meningkatkan keterlibatan Anda secara signifikan. Dengan membuat konten yang relevan dengan tren saat ini, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas yang sudah tertarik dengan topik tersebut. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan penayangan, suka, komentar, dan berbagi, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan visibilitas dan jangkauan Anda.

Tabel

Berikut perbandingan fitur dan algoritma platform video trending yang berbeda:

Jumlah Pengguna Aktif

  • YouTube: 2,6 miliar
  • TikTok: 1,1 miliar
  • Instagram Reels: 1,5 miliar

Metrik Keterlibatan

  • YouTube: Waktu tonton rata-rata per hari: 40 menit
  • TikTok: Waktu tonton rata-rata per hari: 24 menit
  • Instagram Reels: Jumlah tampilan rata-rata per video: 30 juta

Kemampuan Monetisasi

  • YouTube: Program Mitra YouTube, iklan
  • TikTok: Hadiah virtual, dana kreator
  • Instagram Reels: Hadiah virtual, iklan

Contoh Video Trending

melihat ilustrasi sangat ponsel

Video trending di YouTube mewakili konten yang banyak ditonton dan dibagikan oleh pengguna. Video-video ini biasanya menawarkan konten menarik, menghibur, atau informatif yang selaras dengan minat dan tren saat ini.

Kategori dan Topik Populer

Video trending mencakup berbagai kategori, termasuk musik, hiburan, berita, pendidikan, dan komedi. Beberapa topik yang cenderung menjadi tren adalah:

  • Video musik baru dari artis populer
  • Berita terkini dan peristiwa terkini
  • Tutorial dan video cara
  • Video komedi yang menampilkan sketsa atau lelucon lucu
  • Video viral yang menarik perhatian secara luas

Contoh Spesifik

Berikut adalah beberapa contoh spesifik video trending di YouTube:

  • “Despacito” oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee: Video musik ini menjadi viral pada tahun 2017, menjadi video yang paling banyak ditonton di YouTube.
  • “Baby Shark Dance” oleh Pinkfong Kids’ Songs & Stories: Video animasi ini menjadi sangat populer pada tahun 2019, menarik perhatian anak-anak dan orang dewasa.
  • “Tutorial Makeup untuk Pemula” oleh NikkieTutorials: Video ini mengajarkan teknik makeup dasar dan telah ditonton jutaan kali.

Kutipan dari Pembuat Konten

Pembuat konten sukses telah membagikan wawasan mereka tentang tren video:

“Tren video selalu berubah, jadi penting untuk mengikuti perkembangan terbaru dan beradaptasi dengan selera audiens.” – PewDiePie, YouTuber dengan pelanggan terbanyak

Cara Membuat Konten yang Menjadi Tren

cara melihat video trending di youtube terbaru

Membuat konten YouTube yang menjadi tren tidaklah mudah, tetapi dengan strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses. Berikut adalah beberapa tips dan strategi yang dapat Anda ikuti:

Optimasi

Pastikan video Anda dioptimalkan untuk pencarian dengan menyertakan kata kunci yang relevan dalam judul, deskripsi, dan tag Anda. Gunakan alat seperti Google Trends untuk mengidentifikasi topik yang sedang tren dan gunakan kata kunci tersebut dalam konten Anda.

Thumbnail yang Menarik

Thumbnail Anda adalah kesan pertama pemirsa terhadap video Anda, jadi pastikan itu menarik dan relevan dengan konten Anda. Gunakan gambar berkualitas tinggi, teks yang jelas, dan warna yang menarik untuk menarik perhatian.

Promosi Media Sosial

Promosikan video Anda di media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Bagikan di halaman dan grup Anda sendiri, dan gunakan tagar yang relevan untuk membantu orang menemukan konten Anda.

Contoh Konten yang Berhasil Menjadi Tren

Salah satu contoh konten yang berhasil menjadi tren adalah video “Charlie Bit My Finger” yang diunggah pada tahun 2007. Video ini menjadi viral karena menampilkan seorang anak kecil yang digigit jari oleh saudaranya. Video tersebut telah ditonton lebih dari 900 juta kali dan menjadi salah satu video YouTube yang paling banyak ditonton sepanjang masa.

Keberhasilan video ini dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, termasuk kontennya yang lucu dan relatable, judulnya yang menarik, dan promosi yang efektif di media sosial.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *