Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di File Manager: Panduan Langkah Demi Langkah

cara mengembalikan foto yang terhapus di file manager

Pemulihan Foto yang Terhapus

Kehilangan foto berharga bisa membuat frustrasi. Jika Anda tidak sengaja menghapus foto dari File Manager, jangan khawatir. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk memulihkannya:

Langkah 1: Periksa Recycle Bin

  • Buka File Manager.
  • Klik “Recycle Bin” dari panel kiri.
  • Cari foto yang dihapus dan klik kanan padanya.
  • Pilih “Restore” untuk mengembalikan foto ke lokasi aslinya.

Langkah 2: Gunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data

  • Jika Anda tidak dapat menemukan foto di Recycle Bin, gunakan perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga.
  • Instal dan jalankan perangkat lunak.
  • Pilih drive atau folder tempat foto dihapus.
  • Jalankan pemindaian dan tunggu hasilnya.
  • Pilih foto yang ingin Anda pulihkan dan klik “Recover”.

Tips untuk Menemukan File yang Terhapus Baru-baru Ini

  • Segera hentikan menggunakan perangkat Anda setelah foto terhapus untuk menghindari penimpaan data.
  • Gunakan fitur pencarian File Manager untuk mencari nama atau ekstensi file foto.
  • Coba ingat lokasi folder atau tanggal penghapusan untuk mempersempit pencarian.

Metode Pemulihan

Jika foto Anda tidak dapat dipulihkan melalui pengelola file, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data untuk memulihkannya.

Perangkat lunak pemulihan data memindai perangkat penyimpanan Anda dan mencari file yang terhapus, termasuk foto. Setelah file ditemukan, Anda dapat memulihkannya ke lokasi yang Anda tentukan.

Perangkat Lunak Pemulihan Data

  • Recuva: Perangkat lunak gratis dan mudah digunakan yang dapat memulihkan file dari berbagai jenis perangkat penyimpanan.
  • EaseUS Data Recovery Wizard: Perangkat lunak berbayar dengan fitur yang lebih canggih, seperti pemindaian mendalam dan pemulihan file yang terenkripsi.
  • Stellar Data Recovery: Perangkat lunak berbayar yang dikenal dengan kemampuannya memulihkan file dari perangkat yang rusak.

Jenis File yang Dapat Dipulihkan

File Manager memungkinkan pemulihan berbagai jenis file foto, tergantung pada format file aslinya. Beberapa format file yang umum dapat dipulihkan antara lain:

  • JPEG (.jpg, .jpeg)
  • PNG (.png)
  • TIFF (.tif, .tiff)
  • BMP (.bmp)
  • RAW (format file mentah kamera)

Keterbatasan Pemulihan File

Proses pemulihan foto mungkin memiliki keterbatasan dalam beberapa kasus. File yang telah rusak parah atau ditimpa dengan data baru mungkin tidak dapat dipulihkan. Selain itu, file yang dihapus dari drive yang telah diformat ulang atau dipartisi ulang umumnya tidak dapat dipulihkan.

Pencegahan Kehilangan Data

cara mengembalikan foto yang terhapus di file manager

Mencegah kehilangan data sangat penting untuk melindungi foto dan file penting lainnya. Berikut beberapa praktik terbaik untuk meminimalkan risiko:

Pencadangan Reguler

Lakukan pencadangan data secara teratur ke lokasi eksternal seperti hard drive eksternal atau layanan penyimpanan cloud. Ini memastikan Anda memiliki salinan file Anda jika perangkat utama Anda rusak atau hilang.

Langkah-langkah Keamanan

Lindungi perangkat Anda dengan kata sandi atau kode sandi untuk mencegah akses yang tidak sah. Selain itu, gunakan perangkat lunak antivirus dan anti-malware untuk mendeteksi dan menghapus ancaman yang dapat menyebabkan kehilangan data.

Tabel: Opsi Perangkat Lunak Pemulihan Data

cara mengembalikan foto yang terhapus di file manager terbaru

Berbagai opsi perangkat lunak pemulihan data tersedia untuk membantu Anda mengembalikan foto yang terhapus. Berikut adalah beberapa opsi teratas:

Perangkat Lunak Fitur Harga Kompatibilitas
Recuva Memulihkan file yang dihapus dari hard drive, kartu memori, dan drive USB. Gratis untuk penggunaan dasar, $19,95 untuk versi Pro Windows
Disk Drill Memulihkan file yang dihapus, memindai seluruh drive, dan mendukung berbagai format file. Gratis untuk penggunaan dasar, $89 untuk versi Pro Windows, macOS
EaseUS Data Recovery Wizard Memulihkan file yang dihapus, memformat drive, dan mengekstrak file dari gambar disk. Gratis untuk penggunaan dasar, $69,95 untuk versi Pro Windows, macOS
Stellar Data Recovery Memulihkan file yang dihapus, mendukung berbagai format file, dan memungkinkan pemulihan data dari drive yang rusak. Gratis untuk penggunaan dasar, $79,99 untuk versi Premium Windows, macOS
Wondershare Recoverit Memulihkan file yang dihapus, mendukung berbagai format file, dan menawarkan fitur pemulihan yang dalam. Gratis untuk penggunaan dasar, $59,95 untuk versi Pro Windows, macOS

Blockquote

cara mengembalikan foto yang terhapus di file manager

Kehilangan foto-foto berharga dapat menjadi pengalaman yang membuat frustrasi. Untungnya, dengan bantuan alat pemulihan data yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mengembalikan foto yang terhapus secara tidak sengaja dari File Manager.

Banyak pengguna telah berhasil memulihkan foto mereka yang hilang berkat solusi pemulihan data. Berikut adalah kisah sukses dari beberapa pengguna yang berhasil memulihkan foto mereka:

Tantangan: Seorang pengguna tidak sengaja menghapus album foto penting dari File Manager.

Solusi: Pengguna menggunakan perangkat lunak pemulihan data untuk memindai perangkatnya. Perangkat lunak tersebut mampu menemukan dan memulihkan album foto yang terhapus, termasuk semua foto di dalamnya.

Hasil: Pengguna berhasil memulihkan semua foto yang hilang tanpa kehilangan data apa pun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *